Jumat, 19 April 2013

ikhtiarku ingin mendapatkan keturunan…..

kami menikah tgl 28 oktober 2006, pas hari sumpah pemuda ya? heheh...kami adalah teman kerja yang terlibat cinta lokasi. karena menikah maka salah satu dari kami harus mengundurkan diri. akhirnya sepakat suami yang mengundurkan diri dan bekerja di perusahaan lain. sampai 1.5th usia pernikahan kami belum ada tanda-tanda aku hamil, mulai periksa diri ke dr ida, setelah dicheck tdk ada masalah dengan rahim dan indung telur tapi hasil test sperma sangat jelek, hanya 8jt ...setelah beberapa kali terapy dan tidak ada hasil kami mulai mencoba berbagai alternatif mulai dari pijat tradisional sampai minum jamu2
tanpa kendala yang berarti alhamdulillah rejeki kami selalu mengalir, akhir tahun 2008 kami mampu menyicil sebuah perumahan type 36 di sebuah desa agak jauh dari kota meskipun masih termasuk kecamatan jombang. sampai 3 tahun usia pernikahan kami belum juga ada tanda2 aku hamil, kami memutuskan untuk periksa ke dokter joko, stlh dicheck sperma barulah dokter curiga bahwa suami menderita varicocle dan dirujuk ke dokter sugeng, setelah di dr sugeng baru divonis bahwa memang ada varicocle di sebelah kiri grade 2 ...akhirnya memutuskan untuk operasi. setelah operasi 6 bulan kemudian ditest sperma lagi alhamdulillah ada peningkatan meskipun masih sangat jauh dari normal. normalnya sperma laki2 20jt untuk bisa membuahi sel telur...ini hanya 12jt
setelah terapy kesuburan blm membuahkan hasil, kami memutuskan untuk alternatif lagi....berbagai alternatif dari pijat, sampai tusuk jari sudah kami lakukan, bahkan yang terakhir untuk operasi tusuk jari kami mungkin sudah mengeluarkan uang sktr 5jt...si tabib mengatakan kalau aku ada penyumbatan, maka harus dioperasi. ya udah karena pengen dapat keturunan apapun aku lakukan, padahal sakitnya minta ampun, bayangkan tanpa dibius perut bagian bawahku dilukai sepanjang sekitar 3cm dengan menggunakan jari si tabib. lalu diberikan minyak yang sangat panas dan ditutup, anehnya hanya sekitar 1/2 jam rasa sakit itu sudah hilang. hmmm...ajaib. setelah bolak balik kesana sampe 6 bulan gak ada hasil aku memutuskan untuk kembali ke dokter lagi. kali ini kuputuskan ke dokter frans pare
 - tgl 20 nov 12 datang bersama suami, ibu mertua, kakak ipar (kakak ipar yang tau lokasi RSIA KASIH BUNDA PARE)
baru daftar ke perawat, dikasih tau sebaiknya periksa waktu menstruasi hari ke-2 atau hari ke-3, karena sudah jauh2 datang pengennya langsung diperiksa, tapi karena lihat antrian yang begitu banyak akhirnya memutuskan untuk pulang dan menunggu sampai menstruasi datang (padahal klo bisa jangan datang mesntruasinya..yang artinya hamil. :P)
tgl 22 nov akhirnya menstruasi datang dan langsung telpon untuk membuat jadwal besok periksa
- tgl 23 nov 12 berangkat dari jombang jam stngh 7 pagi, nyampe sana  jam stngh 8 dan belum buka. Akhirnya daftar ulang dan dapet no.1…(horeeee…:v). disuruh menunggu jam 9 dokter mulai praktek. Sambil menunggu sarapan dulu….
Jam 9 kurang dah nongkrong di tempat antrian ternyata sampe jam 10 dokter baru datang (hadeeeeh…). Deg2an dan greweli dokternya ngomongnya cepet banget…kayak agak judes. Apalagi waktu aku cerita pernah ke pengobatan alternative…dioperasi tusuk jari, dipijat, dsb (ya pastilah ..!!) aku tunjukin hasil sperma suami dari th 2008 sampai 2012, pernah operasi vericocle juga…wouww…dokternya mendesah panjang.
Diperiksa dengan alat2 yang menyakitkan dimasukin ke situ…hiiiii sakit apalagi dalam keadaan berdarah2 coz menstruasi….. Untung dokternya cewek…jadi gak begitu malu. Gak kebayang deh kalo dokternya cowok….??? Hiks!
Sejauh ini rahim it’s okeyy…..leganyaaaa… alhamdulillah…(semoga gak ada masalah apapun). Dikasih resep dan suruh kembali di h+9
  • biaya periksa transvaginal = 150rb
  • tebus resep 114rb. Total 264rb

-tgl 30 periksa lagi. Kali ini untuk mengetahui ada penyumbatan atau tidak di indung telur. Sebelum dokter datang aku sudah diberi suntikan di lengan, katanya antibiotik. Huft lumayan panas dan agak kemeng. Stlh nunggu hamper 1 jam lebih dokter datang dan Seperti yang sebelumnya disuruh tiduran kaki dipetenteng keatas dan dimasuki alat lalu disuntik cairan yang bikin luaaaarrrrr biasa mules nih perut…haduh ampyun2 pokoknya. Ini susternya juga rada amatiran, masak cairan yang harusnya disuntik malah gak masuk kayaknya tumpah atau gmn? Yang jelas basah semua bagian bawah bokong…akhirnya ambil  botol cairan lagi (biaya aku yang nanggung sampe 2 botol…hiks). Setelah itu terlihat di computer cairan bisa masuk tanpa ada halangan, its mean gak ada penyumbatan…(alhamdulillah..) tapi yang bikin kepikiran ternyata ada benjolan kecil dokter mengatakan itu polip. Waduh…gmn dok??? Ada 2 cara : yg pertama diambil dengan cara laparoscopy dan yang kedua kuretasi. Aku yang kadung trauma sama yang namanya sakit “diobok2” organ intimku Tanya : sakit yang mana dok? Dokternya bilang kalau dikuret dibius total…jd gak kerasa sakit. Klo laparoscopy gak…prosesnya sama kayak tadi dimasuki alat yg ada kameranya lalu diangkat polipnya. Klo dipikir sih mungkin lebih akurat pake cara laparoscopy ya??? Tapi pertimbangan kalo laparoscopy harus ke Surabaya coz gak alatnya di RSIA KASIH BUNDA.
  • Biaya periksa 780rb
  • Obat2an yang dimasukin selama pemeriksaan 140rb
Sambil menunggu keajaiban semoga bisa hamil normal tanpa laparoscopy ataupun kuretasi kami disuruh berhubungan pada masa subur yaitu tgl 3 sampai 12 desember setiap 2hari sekali. Sempat ge-er dikit karena sempat mual2, pusing, gak enak badan…eh ternyata tgl 21 mens lagi hiks hiks hiks L

-tgl 22 datang lagi ke rs dengan tujuan kuretasi. Daftar jam stngh 8, disuruh sarapan dulu baru puasa. Lama nunggu akhirnya sktr jam 10 diperiksa suster, booking kamar dan ternyata gak ada kamar kelas 1 yang kosong. Adanya kelas 3 boo’….hiks. satu ruangan ada sktr 5 orang pasien yang pastinya ibu2 semua. Ada yang mau dikuret karena keguguran, ada yang blm waktunya melahirkan tapi bayi kontraksi terus, ada yang habis operasi kista. Lumayan sharing lah ma tetangga kanan kiri….tambah siang, mulai deh kepanasan dan pengap di kamar kelas 3, huaaaa….ayaahh carikan kelas 1 dong…L
Akhirnya suamiku ke bag adm lagi, barangkali sdh ada kamar kosong kelas 1, eh ternyata yang ada vip…perkiraan biaya kuret + kamar + obat 7jtan. Yo weslah gpp…smoga klaim asuransi bisa dibayar, hehehehe

Jam 12 pindah kamar vip…Disuruh mandi dan ganti baju pasien yang kancing dibalik dipakai ke belakang. Jam 1 dimasukkan selang buat suntik cairan2 antibiotik dan juga nantinya obat bius waktu akan dikuret…jam 2 lebih baru deh diantar ke kamar operasi buat dikuret. Masuk pertama kali … lah kok dokternya cowok??? Kemana bu astrid??? Apa ini asistennya??? Waduh…agak2 rikuh dipetenteng di depan laki2 yang bukan suamiku…laki2 itu menyuntikkan obat bius yang dalam hitungan ketiga membuatku sudah gak ingat apa2 lagi….ketika agak tersadar, sepertinya banyak suara2 suster Tanya pasien yang ada di ruangan yang sama denganku…ada yang ngobrol juga. Pokoknya berisik deh…tapi aku msh blm bisa membuka mata…kayaknya berat bgt. Tapi ada yang mengganggu yaitu selang pernapasan yang ada di hidung malah membuatku seperti sulit bernapas…hidung buntu. Dengan tenaga yang msh tersisa kucabut selang pernapasan…aku lihat jam menunjukkan jam 4…waduh berarti sktr 2 jam aku gak sadarkan diri….apa aku sudah dikuret?? Kok gak kerasa apa2 ya?? Perutku gak sakit…lubang vaginaku juga gak sakit alhamdulillah…pelan2 aku mulai sadar…
Aku dipakaikan baju dan juga celdam sama suster lalu tempat tidurku didorong ke kamar inap…alhamdulillah bisa melihat suami tercinta lagi…hehehe
Rasa haus dan juga laper skrg mendera…tapi gak boleh makan kalau pusingnya belum ilang…lah gmn?? Msh puyeng banget…duduk aja blm kuat. Hiks…akhirnya jam 8 malam baru dibolehin makan dan minum…leganya…karena sudah malam jadi harus nginep besok pagi baru baru pulang, besoknya…karena hari minggu bagian adm libur, jadi cuman bisa nitip uang ke perawat nanti hari kerja baru kesini lagi buat nyelesaiin adm. Wokeeeyy…pulang deh ke rumah tercinta….
Hari senin disms sama bag. Adm katanya habis 6.205.500
Dengan rincian :
-kamar vip  600rb
-dokter 100rb
-operasi 3jt
-anastesi 210rb (ini kali narkoba haahahaha :v…)
-test lab pa 230rb
-sisanya obat + lain2 2.065.500

Tgl 29 des control lagi..ditransvaginal dilihat sdh tidak ada masalah apapun. Biaya 125rb. Bulan depan kalau menstruasi h+2 disuruh control lagi

Tgl 21 jan 13 kontrol dan ternyata dr frans sendiri yang praktek. Aku lihat memang lebih detail periksanya. Ditransvaginal lagi katanya indung telur normal tidak perlu diberikan obat untuk pemicu tumbuhnya. Hanya dikasih obat vitamin dan penyubur, folavit (asam folat) dan easycal. Biaya dokter 125rb, obat 77rb. Total 202rb

Akhirnya tgl 30 disuruh control lagi dengan agenda test sperma suami. Sempat ada kejadian lucu waktu akan test sperma, dikasih opsi mau dikeluarkan di kamar mandi atau di kamar? Kalau di kamar biaya 75rb baik keluar atau tidak keluar. Akhirnya mencoba di kamar mandi dulu, baru masuk kamar mandi 5 menit sudah keluar lagi, kenapa? KM pesing bangeeeet….gmn mau horny coba?? Hihihi….bisa2 aja nih RS buat orang nyewa kamar. Mau tak mau akhirnya nyewa kamar…alhamdulillah lancar bisa keluar. Setelah menunggu antrian agak lama akhirnya tiba giliran masuk ke ruang dokter.
Hehe…ketemu pak frans lagi, dari awal masuk pak frans sudah gedeg2…bikin deg2an aja. ternyata hasil test sperma sangat jauh dari harapan. Hanya 5jt padahal normalnya diatas 20jt…hiks hiks …astaghfirullah…
Pak frans bilang, karena kurangnya jumlah spermatozoa gak bisa dilakuin inseminasi, jalan satu2nya utk mendapat keturunan adalah bayi tabung! Dikasih rujukan ke klinik infertilitas graha amerta dr. sutomo sby menemui dr hendi.
Biaya total 270.000
Baru pulang di teras depan sdh ada 2 amplop dari prudential yang menyatakan klaim ditolak karena : rawat inap hanya sehari (min 2hr bisa diclaim), belum setahun jadi anggota prudential (msh 8 bulan 25hr) klaim untuk penyakit polip tidak bisa . hmmm…yo weslah bukan rejeki
Sampai dsini total biaya dr awal periksa ke dr. frans sampai akhir  7.986.500.
_______________________________________________________________________________
TGL 17 februari aku mendapatkan haid lagi, malamnya langsung meluncur ke sby dan nginep d rmh kakak agar besok bisa berangkat pagi-pagi ke graha amerta rsud dokter soetomo. Paginya tanpa kendala yang berarti akhirnya bertemu dengan dr hendy hendarto, spog yang direkomendasikan oleh dr.frans untuk melakukan proses bayi tabung. Setelah ditanya ini itu…akhirnya disuruh check darah ke lab. Lantai 1…hhihi…dalam pikiranku pasti Cuma kena dikit…ternyata abisnya sampai 1.620.500. perincian sbb :
Aku :
DL (CBC) –XT=LED  65.000
MASA PERDARAHAN (BLEEDING TIME) 10.000
MASA EMBEKUAN (LEE & WHITE) 10.000
PPT , APTT 72.000
SGOT, SGPT 60.000
GLUKOSA DARAH ACAK, BUN, CREATININ 86.500
HBSAG (ELFA) 93.500
ANTI HCV (MEIA) 215.000
ANTI HIV (PAKET I) 350.000

Suami :
HBSAG (ELFA) 93.500
ANTI HCV (MEIA) 215.000
ANTI HIV (PAKET I) 350.000

Wuih…persiapan bawa uang cuman 900rb. Wkwkwkwk….akhirnya pending dulu ke lantai dasar buat ambil uang di atm
Setelah itu ke lantai 1 lagi untuk setor uang dan diambil darah, klo untuk aku lumayan banyak yang diambil sktr 20cc…hmmm kliyengan dan juga ambil darah  dikuping sebelah kanan
 Setelah itu menemui dr hendy di lantai 2 untuk usg. Hasilnya, ada 3 ovum di sebelah kiri dan disebelah kanan samar…(hadew…padahal diharapkan ada  juga 3 di sebelah kanan)
Akhirnya kita disuruh menungu hasil lab nanti dicocokkan klo memang hasilnya bagus bisa langsung proses bayi tabung keesokan harinya. Wedewww….sempat shock mikirin biaya..coz gak nyangka akan diproses secepat itu. Kirain hanya test test dulu…sebenarnya ada persiapan uang yg ditabungan tapi kan gak bisa langsung diambil…minimal besok baru bisa…itupun kalau ditotal semua hanya sktr 32juta. Padahal perkiraan sekitar 35-45jt. Alhamdulillah dapat pinjaman dari kakak.
Biaya pemeriksaan dan usg 990.000

Masalah uang beres….akhirnya pulang sambil menunggu hasil lab yang katanya akan dikabarkan via phone. Jam stngh 3 ada telpon dr dokter hendy yang menjelaskan hasil lab sudah bagus semua, tapi karena jumlah sel telur hanya 3 dan jumlah sperma yang sedikit sayang sekali klo nantinya gak maksimal hasilnya. Untuk kemungkinan yang lebih besar disarankan melakukan bayi tabung pada sklus berikutnya…maka kami diberi resep untuk memicu tumbuhnya sel telur dan sel sperma lbh banyak. Wookeyyy…balik lagi ke rs buat tebus resep. Untuk aku diberi obat yang namanya cyclo progynova bentuknya persis pil kb yang harus diminum di haid hari ke-5, harga 118.000. dan untuk suami oligocare harga 175.500
Total biaya untuk hr ini 2.904.000

tgl 18 maret mens hari pertama, jadi besoknya langsung ke graha amerta, setelah di usg alhamdulillah ada 3 telur di kanan dan 3 telur di kiri. Biaya usg 150.000 dan test hormon E2 185.000. besoknya jam 4 disuruh datang lagi untuk suntikan pertama puregon 2 ampul…sisa 4 ampul dibawa ke rumah untuk disuntikkan sendiri. Harga puregon @900.000 x 6 = 5.400.000. untuk sisa puregon yang dibawa pulang aku putuskan untuk minta bantuan ke teman sma ku istianah yang seorang perawat. total 5.735.000

tgl 23 usg lagi, tapi kali ini dengan dr budi karena dr hendy sedang ke jakarta. Alhamdulillah hasilnya sangat bagus. Telur berkembang 4 dan bagus-bagus katanya. Tetap diberikan suntikan sampa hari ke-6 dengan tambahan menopur dan orgolutron. Jadi ada 3 suntikan. Di pantat kanan kiri dan dibawah pusar…hadeeeeehhh L bener2 tersiksa…total obat + usg = 8.235.000. oh ya karena hr ini dah capeeeek luar biasa akhirnya minta bantuan teman sd ku yang jadi bidan, tapi dengan alasan rumahnya kotor tidak steril dia menolak melakukan injeksi, akhirnya aku ke perawat di desaku (cowok) dengan biaya 20rb (mahal amat padahal nyuntik doang, alkohol + suntikan udah dibawain sama rs graha amerta…heheh :D), hari berikutnya coba inject ke RSI Jombang, perawat sama dokternya sama2 bingung kayak gak pernah kejadian kayak gini sebelumnya. Pake nanya dulu ke dokter senior (ditelp)…ya udah akhirnya disuntik juga, tambah kaget lagi karena biaya 43rb.. busyeeeeettt biaya konsul dokter 25rb, biaya suntik 15, karcis 3rb…..menurutku bener2 kejam dan gak masuk akal….tinggal nyuntik aja biaya segitu??? Hadew,…
hari berikutnya sama tetangga sebelah rumah pas yang perawat juga….GRATISS (nah gini dong…hehehe)

tgl 26 usg + check darah lagi. Masih tetep ada 4 telur yang alhamdulillah bagus. Dari hasil lab darah hormon E2 ku masih 850, padahal diharapkan 1200 memungkinkan untuk dipanen. Akhirnya disuntik lagi 3 suntikan bokong kanan, kiri dan dibawah pusar. Ya alloh mudah2an ini yang terakhir….karena klo besok di usg dan test hormon sudah 1200 maka akan dilakukan pecah telor 2 hari kemudian
total biaya hari ini 3.060.000

tgl 27 usg + check darah lagi. Hasilnya siap dilakukan pecah telur pada tgl 29. akhirnya pulang dibawain injeksi pregnyl. Total biaya usg 150rb. test hormon 185rb dan pregnyl 900rb. Total  1.100.000

tgl 29 datang untuk pengambilan sel telur, dengan dibius total sekitar 1 jam aku sadar, begitu sadar…waduh sakit sekali dibagian vagina ku…sampe2 aku nangis karena gak tahan, untungnya suami dibolehin masuk, sekitar 1 jam kemudian baru deh dilepas itu alat yang sengaja dipasang di vaginaku. Luar biasa lega rasanya…dari penjelasan dokter ternyata ada 4 telur yang diambil, tapi sayangnya yang 1nya Cuma cangkang gak ada isinya. Ya udah tinggal berdoa aja…semoga yang 3 ini bisa maksimal dibuahi.
Pulang dibawain obat yang namanya cygest 400gr (progesteron) yang harus dimasukin vagina 2x sehari pagi dan sore. Diberikan selama 15hari.
Tanggal 1 april dijadwalkan untuk embrio transfer, ternyata hanya ada 2 telur yang sempurna membelah, yg satunya tidak membelah sempurna jadi tidak dimasukkan. sebelumnya disuruh minum air putih yang banyak setelah itu tahan kencing, bayangin aja, uhhh rasanya udah diujung kebelet pipisnya tanpa dibius dimasukin alat untuk embrio transfer…haduh sakitnya….tapi untung hanya sekitar 10 menit. Janin sudah ada di rahim…alhamdulillah ya alloh…semoga bisa berkembang sesuai harapan dan sehat selalu. Amin…setelah itu disuruh tiduran dengan posisi kaki lebih tinggi dari badan selama lebih dari 5 jam, dipakein diaper boleh pipis tanpa harus ke toilet, tapi bayangin aja dengan posisi tidur kaki diatas apa bisa keluar meskipun sangat amat kebelet??? hmmm bener2 tersiksa...
pulangnya dibawain injeksi pregnyl 1500 yang harus disuntik pada tanggal 5 dan tgl 9 sekitar jam 8-10 pagi
Total biaya untuk tgl 29 dan tgl 1 17.800.000

Tgl 12 ke graha amerta lagi untuk test darah, untuk mengetahui hamil/ tidak. Gak bisa digambarkan betapa deg-deg an nya waktu itu. Padahal jam 8 diambil darah harus nunggu hasilnya jam 2 – 3 sore. Walhasil, kami memutuskan untuk mencari tempat yang tenang agar bisa rilex dan berdoa. Kami memutuskan untuk ke masjid al akbar sambil menunggu waktu jumatan tiba. Rasanya tenang banget…dan pastinya tetap h2c. setelah jumatan kami jalan2 sebentar melihat bazaar yg diadakan di halaman masjid. Akhirnya sekitar jam 2 kami ditelp pihak rs bahwa hasilnya hamil tapi hcg rendah Cuma 10. jadi kami disarankan untuk ke rs disuntik pregnyl 1500 dan juga untuk 2 bawa pulang untk suntikan tgl 19 dan 26. dan juga tetap cygest 400gr dimasukkan ke vagina pagi dan sore (2box)
Total biaya 1.575.000
________________________________________________________________________
Setelah dari rs perasaan kami campur aduk, antara senang dan bingung. Dari browsing2 kami hcg 10 belum bisa dikatakan hamil, kalau hamil hcg min 25, tapi kalau tdk hamil dibawah 5…ya alloh….berilah petunjukmu
Tgl 17 aku coba test pack sendiri hasilnya msh negative…hiks sedihnya. Aku cerita ini ke suami sambl nangis bombay..alhamdulillah suamiku type orang yang legowo, siap menerima apapun hal yg terjadi dalam hidup ini…kita manusia hanya mampu berusaha perkara hasil itu urusan alloh…sejak hari ini gak tau pikiranku jadi begitu pasrah…dalam hati aku hanya bisa berdoa…ya alloh berikan kami keikhlasan hati menerima apapun kehendakmu…aku yakin apapun itu pasti yg terbaik untuk kami.
Tg; 19 jadwal suntik pregnyl yang ke -2 setelah et, tapi pagi pas bangun tidur…ada bercak merah di cd ku…astghfirullah…apa aku haid?? Meskipun sudah menyiapkan mental sebelumnya aku sempat nangis lagi…aku putuskan tdk melakukan suntik dulu sampai ada kejelasan bahwa itu memang darah haid. Aku hub pihak rs tidak ada jawaban, jam 12 siang keluar darah segar persis seperti darah haid. Ya alloh…berarti memang bukan rejeki kami, berarti program ini belum berhasil….berilah kami hati dan iman yang kuat 
…jagalah selalu cinta kasih kami, aku beruntung ya alloh karena engkau telah mengirim seseorang yang bisa menjadi imamku…yang selalu menyayangiku, yang selalu memberi kebahagiaan dalam kehidupanku…aku yakin suatu saat kau akan mengabulkan doa kami…mempunyai keturunan, mempunyai buah hati yang bisa menjadi pewaris dan kebanggaan kami.
---> untuk obat2an karena sebagian tidak terpakai, aku kembalikan ke RS alhamdulillah boleh, jadi uang dikembalikan 1.050.000
Total biaya bayi tabung sampai hari ini  39,359,000

sedih sekali jika ingat sekian banyak orang yang mendoakan kami, orang tua, saudara2, teman2, sahabat, tetangga, bos suamiku yang sangat baik yang telah memberikan sebagian dana ini, yang sebenarnya tidak kami duga2. semuanya berharap...kami berdua tentunya yang lebih sedih kami berdua tentunya yang lebih kecewa, tapi kami ingat ini bukan takdir...masih banyak kesempatan untuk berusaha dan berusaha lagi, selama masih bisa memproduksi sel telur dan sel sperma kami msh punya peluang bisa punya keturunan.
terima kasih untuk semuanya ...terima kasih support dan doa kalian, jazza kumullah khairan katsiro..

La khaula wala kuwwata illa billahil aliyyil adzim….tiada daya dan upaya manusia melainkan hanya kehendak alloh yang menentukan

oh ya sengaja aku kasih detail biaya dari awal sampai akhir tidak ada maksud menyombongkan diri atau apa? hanya ingin berbagi informasi untuk teman2 yang senasib dengan saya yang ingin mencoba ikhtiar seperti kami mungkin bisa mulai menabung dan mempersiapkan mental, fisik, dan dana. karena ketiganya sangat penting...
1.mental : program bayi tabung mempunyai peluang berhasil 30-35% jika usia dibawah 35th, dan sekitar 10% jika usia diatas 35th ...jadi meskipun kita wajib selalu khusnodzon atau positif thinking harus siap pula dengan kemungkinan gagal, karena dokter hanya manusia biasa bukan Tuhan
2. Fisik: selama mengikuti program usahakan jangan sampai sakit (batuk pilek flu) jangan sampai karena akan mempengaruhi reaksi obat2an yang dimasukkan ke tubuh kita. sangat banyak obat yang akan masuk jadi jangan sampai kita sakit lalu minum obat flu misalnya maka reaksi tubuh akan sangat berat. yang pasti pada saat proses juga terasa sangat sakit..bayangin aja setiap hari disuntik di 3 bagian bokong kanan kiri dan dibawah pusar, lalu 3 hari sekali diambil darah, hmm...belum bolak balik ke rs tiap 3hari sekali....berangkat pagi2 pulang dari rs sampai jam 4 sore, karena nunggu hasilnya test darah keluarnya sekitar jam 4 sore.
3. dana : sudah saya detailkan berapa aja tiap kali kontrol, klo dulu sy kira itu dana per paket...jadi kita setor uang misal 40jt langsung diproses...ternyata nggak, itu tergantung dari reaksi tubuh kita...ada yang hanya 5x suntik puregon sudah menghasilkan banyak sel telor, ada yang harus sampai 9x kali...padahal sekali suntik itu biaya sekitar 2,7jt...nah tinggal dikalikan aja...
semoga tulisan saya ini ada manfaatnya, khususnya untuk teman-teman yang senasib dengan kami, tetap berusaha dan berdoa. Alloh pasti memberikan yang terbaik untuk kita semua..
 

16 komentar:

  1. Mba Enny, boleh minta emailnya? saya hari ini diminta operasi tusuk jari,tp saya tunda dulu. barangkali bisa sharing lebih detail tentang pengalamannya operasi tusuk jari itu. trims. email saya: nurhayatianwar@yahoo.com

    BalasHapus
  2. operasi tusuk jari dimana mbak? email saya eny.wahyuni@rocketmail.com

    BalasHapus
  3. tetep semangat ya mbak :)
    tenang mbak Allah itu dekat, dan kalau kita berdoa akan dikabulkan, tapi kapannya hanya Allah yang tahu, karena kita benar2 tidak tahu yang terbaik untuk kita
    *sedang menyemangati diri sendiri juga*

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin yra...saling mendoakan ya mbak :)

      Hapus
    2. mba enny,,saya nangiss loh bacanya,,,,tetap sabar dan tawakal ya mba. pasti Allah punya rencana indah buat mba dan suami,,,Aminn Ya Alalh,,,

      Hapus
    3. mba enny,,saya nangiss loh bacanya,,,,tetap sabar dan tawakal ya mba. pasti Allah punya rencana indah buat mba dan suami,,,Aminn Ya Alalh,,,

      Hapus

  4. Assalamu alaikum
    Menurutku blogmu isinya bermanfaat!

    Kalau ada waktu, mampir ke blogku ya ^_^

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Salam Kenal Mba..
    Isi Blognya sangat bermanfaat kok, apalagi buat aku yang rencananya tahun ini pengin bayi tabung juga di Graha Amerta.. maklum usia udah menginjak kepala3, usia pernikahan 8 tahun.
    Kalau boleh tahu, usia mba Eni berapa? Setelah tahu gagal bayi tabung, apakah ada evaluasi dari pihak rumah sakit penyebab kegagalannya? Oya mba, puregon yang dikasih ampe 6ampul itu yang berapa 1500 atau 5000?
    terima kasih.. jangan menyerah ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bulan juni tahun ini saya 33th. gak ada evaluasi mbak..terakhir saya ke graha amerta untuk mengembalikan pregnyl dan cygest. tdk ada pernyataan apa2 dari dokter Hendy setelah saya mengabarkan saya mendapatkan menstruasi waktu itu. wah lupa tuh mbak puregon yang brp ya?? hehe...
      semangat ya mbak, semoga programnya langsung berhasil..amin :)

      Hapus
  7. Juni 2013 sy mulai bt di dr hendy,, tp sy istirht total mbak. G jln kcuali sholat n kekmr mndi. Yg dimsukkan 3 embrio. Yg 10 g jd krn sperma suami lemah n gak dpt obat sm skali. Srn saya bnr2 istrht untuk mndptkn hasil,krn g smw daya thn tubuh sama. Usia sy 26thn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti dah berhasil ya mbak? alhamdulillah

      Hapus
  8. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus
  9. Subhanallah... Semoga cepat diberi momongan. Aamiin

    BalasHapus
  10. Saya hari ini minggu 8/11/15 mngantar istri ke Graha Amerta pengambilan sel telor oleh dr hendy untuk program bayi tabung , kata dokter barusan ada 3 sel tlor dlam kondisi baik ..amiiin , semoga Program BT berjalan lancar , mohon doanya mba heny dan tmn2 yg membaca dan yg ak
    an mengikuti program BT nantinya...

    BalasHapus

Entri Populer