Rabu, 16 Februari 2011

Info sehat

*) Tahukah anda jika salah satu bagian senyawa kimia dari bumbu dapur kunyit mampu meregenerasi sel-sel otak yang rusak setelah terkena serangan stroke. senyawa hibrida CNB-001 yang terdapat dalam kunyit mampu melintasi penghalang darah di otak, sehingga darah dengan cepat akan didistribusikan ke otak dan terlibat dalam suatu mekanisme yang sangat penting untuk kelangsungan hidup neuron atau saraf.

*) sudahkah anda berolahraga secara rutin ? tahukah anda dengan berolahraga kita dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menurunkan resiko kematian mendadak, serangan jantung, resiko kanker dan penyakit paru-paru yang membayangi hidup kita.

*) Bagi anda yang senang minum kopi dan teh sebaiknya jangan menyeduh kopi dan teh terlalu lama, karena semakin lama diseduh akan membuat kadar kafein didalamnya semakin tinggi
*) Orang yang menikah memiliki kadar kortisol (hormon stres) lebih rendah sehingga tingkat stresnya lebih rendah dari pada seseorang yg tidak menikah. Maka pernikahan yg bahagia bisa membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke yg mengancam nyawa kita. Oleh karena itu jika sudah siap sebaiknya segeralah menikah dan bentuklah keluarga bahagia, sakinah mawaddah, warrahmah.
*) Sudahkah anda melakukan Pemeriksaan kesehatan atau Medical Check Up (MCU) secara berkala ??? lakukan sebelum terlambat karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.
*) Serangan jantung adalah kondisi ketika bagian otot jantung (myocardium) mengalami kerusakan akibat sangat berkurangnya pasokan darah secara mendadak ke bagian otot jantung. Kondisi ini jika tidak segera ditangani dgn baik dapat sangat mematikan.
*) Penelitian mutakhir membuktikan, shalat Subuh bisa menjadi terapi berbagai penyakit. Selain menghilangkan kemalasan dan menyegarkan badan, shalat yang dianggap berat oleh orang munafik ini juga dapat melancarkan peredaran darah pasca tidur...
*) Tips ngopi: Lima milligram kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi. Namun kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte. Sedangkan campuran kopi dengan alkohol kurang baik terutama pada orang dengan gangguan hati dan campuran kopi dengan cream juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori yang berlebih. Caffeine juga berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Bagi yang sedang mengkonsumsi obat sebaiknya hindari kopi.
*) Orang yang bekerja dengan menggunakan otak/pikirannya memerlukan lebih banyak tidur dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan fisiknya. Karena dengan tidur memory otak kita akan refresh kembali.
*) Tips: Sebaiknya minumlah obat dgn air putih yg tidak memiliki kandungan apapun, sehingga tdk mempengaruhi penyerapan obat serta membantu melarutkan obat yg dikonsumsi dlm lambung shg proses penyerapannya menjadi lebih baik. Jgn minum obat dgn kopi, teh atau jus yg umumnya mengandung berbagai senyawa seperti kafein yg bisa bereaksi dgn obat yg dikonsumsi shg mempengaruhi penyerapannya.
*) Hobi memelihara hewan peliharaan yang dirawat dengan baik kesehatan dan kebersihannya dapat menurunkan tingkat stressor pemiliknya sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kenaikan tekanan darah, stroke dan penyakit jantung.
*) Yogurt bisa mengurangi bau tak sedap di mulut, karena bakteri hidup yang tertelan didalam yogurt bisa menekan bakteri jahat penyebab bau mulut
*) Seseorang yang memiliki jam tidur malam sedikit kemungkinan besar dapat menjadi orang yang mudah marah. Orang yang kurang tidur, akan selalu merasa capek dan lelah sehingga emosinya mudah tersulut.
*) Wedang jahe sangat membantu menghangatkan dan meningkatkan kekebalan tubuh saat cuaca tak menentu seperti ini. Kandungan nutrisi dalam jahe juga meningkatkan metabolisme tubuh sehingga efektif untuk menurunkan berat badan
*) Sebagian orang sangat berhati-hati atau bahkan menghindari makan malam. Tapi orang yang menderita Night Eating Syndrome (NES atau sindrom makan malam) justru makan tengah malam atau menjelang pagi hingga terkadang menyebabkan gangguan tidur.

Sindrom makan malam merupakan salah satu gangguan mental yang membuat orang hanya mau makan di malam hari setelah lewat jam makan malam dan tidak makan lagi saat sarapan atau pun makan siang.

Sindrom ini biasanya terjadi pada orang yang sedang menjalani program diet ketat sehingga tidak makan selama sarapan dan makan siang, serta membebankan semua kebutuhan perut saat makan malam
*) Menikmati kopi hitam (dengan sedikit gula) yang ditemani makan siang bisa mendapatkan keuntungan lebih dalam mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Selain tentunya didukung dengan menu makan siang yang disantap juga haruslah menu yang sehat.
*) Salah satu gangguan tidur yaitu gangguan mimpi buruk dimana orang sering terbangun dengan keringat dingin dan kenangan buruk dalam mimpi yang mengerikan. Hal ini tidak jarang akan mengganggu kualitas hidupnya. Karena sebagian dari mereka mungkin takut untuk tidur.

Stres dan kurang tidur adalah memicu utama mimpi buruk. Menurut American Sleep Association (ASA) beberapa obat juga dapat memicu mimpi buruk. Pada kasus yang berat, konseling atau obat penenang mungkin diperlukan untuk meredakan kecemasan yang mendasari mimpi buruk.
*)

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya, sayang wedang jahe tak ada di pagi ini. Jahenya masih habis.

    BalasHapus

Entri Populer